DESAIN DAN PEMBUATAN SMART ABSORBER MEKANIK BEBAN MAKSIMUM 100KGF
Keywords:
shock absorber, smart absorber, jarak lendutan, kekentalanoliAbstract
Dunia otomotif berkembang semakin pesat, kenyamanan dalam mengendarai merupakan salah satu kebutuhan penumpang. SistemĀ suspensi berfungsi untuk mengurangi getaran pada kabin kendaraan yang disebabkan oleh ketidak rataan permukaan jalan. Tingkat kenyaman dan keamanan perlu dipertimbangkan. Untuk mengurangi getaran dan guncangan, kendaraan harus dilengkapi dengan sistem suspensi, salah satunya adalah shock absorber. Tujuan digunakannya smart absorber yaitu untuk meredam getaran yang ditimbulkan dari getaran kinetik per daun. Untuk itu maka diperlukan modifikasi sistem pada peredam kejut pintar dengan adanya penambahan sub tank berisi oli yang dapat bersirkulasi dengan tabung utama ketika piston mengalami naik turun dengan pengontrolan kecepatan aliran oli melalui katub yang dapat menyesuaikan secara otomatis dengan jarak lendutan. Metode pengujiaannya yakni dengan cara keaadan statis sepeda motornya diam lalu diberi beban kejut dan diukur berapa jarak lendutannya.
Dilanjutkan dengan variasi perbedaan kekentalan oli dan roda gigi diantaranya untuk mengetahui perbedaan kinerjanya. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variasi kekentalan oli dan roda gigi terhadap jarak lendutan smart absorber dimana jarak lendutan terpendek didapat pada oli kekentalan 40w dengan roda gigi 48TĀ menghasilkan jarak lendutan 66,3 mm. Sedangkan jarak lendutan terpanjang didapat pada oli kekentalan 10w dengan roda gigi 13T menghasilkan jarak lendutan 94,3 mm