Desain Model Eksitasi pada Alat Uji Getaran Kendaraan Satu Roda

Authors

  • Pipit Wahyu Nugroho
  • Lisa Agustriyana
  • Samsul Hadi

Keywords:

getaran, profil permukaan jalan, kendaraan, komponen

Abstract

Kenyamanan penumpang kendaraan beserta kestabilan dalam mengendarainya adalah salah satu variabel penting yang selalu diinginkan oleh setiap orang yang menggunakan alat transportasi. Guna mencapai tujuan tersebut, maka bagian suspensi kendaraan akan memegang peranan penting karena fungsinya yang mengisolasi penumpang dari pengaruh eksitasi dari luar kendaraan dan mengatur kestabilan kendaraan agar roda tetap menempel di permukaan jalan. Performansi setiap suspensi sangat perlu untuk diuji sehingga bisa dianalisis kondisinya serta jika dimungkinkan untuk dikembangkan suatu suspensi yang lebih baik unjuk kerjanya.

Dalam penelitian ini dirancang model permukaan jalan pada alat uji getaran kendaraan yang dipakai untuk menguji kenyamanan dan kestabilan kendaraan.. Perancangan diawali dari komponen transmisi penggerak dari motor ke komponen profil jalan, dalam hal dimensi, bentuk dan material penyusunnya. Komponen permukaan jalan ini berupa motor, camshaft, connecting rod, plat permukaan jalan, poros pendukung dan roda. Setiap komponen itu dirakit menjadi satu kesatuan sistem alat uji dan akan disimulasikan pergerakannya. Perancangan ini berbasis pada Computer Aided Design dengan perangkat lunak Catia.

Analisis kekuatan dilakukan untuk menguji kekuatan model profil permukaan jalan terhadap pembebanan yang terjadi. Hasil yang diperoleh berupa gambar kerja setiap komponen mesin, gambar asembli dan hasil analisis kekuatannya. 

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles