ANALISIS BAHAN BAKAR BIOETANOL E100 DARI LIMBAH AIR TAPE TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR MATIC 4 TAPE

Authors

  • Aidi Vadly Robbany Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang

Keywords:

bioetanol, limbah air tape, bakar bakar alternatif

Abstract

Kebutuhan energi Indonesia terus mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk. Sedangkan ketersediaan bahan bakar fosil semakin terbatas. Dalamusaha mengurangi penggunaan bahan bakar minyak yang akan habis maka di butuh energi alternatif salah satu nya bioetanol. Bioetanol merupakan etanol yang dihasilkan dari proses fermentasi dan destilasi menggunakan bahan baku nabati. Salah satu bahan baku bioetanol adalah limbah air tape.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaandaya, torsi, dan SFC yang dihasilkan dari penggunaan etanol dan bioetanol. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen pada sepeda motor matic 4 tak satu silinder dengan kapasitas mesin 119 cc. pengujian ini menggunakan Variable bebas yaitu variasi putaran mesin 4000 rpm – 7000 rpm.
Variable terikat pada penelitian ini adalah performa mesin yaitu daya, torsi, dan SFC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan bakar bioetanol menghasilkan daya 9.39 Hp di 7000 rpm dan torsi maksimal pada putaran 7000 rpm menghasilkan 9.49 Nm. Penggunaan bahan bakar etanol daya yang dihasilkan pada putaran 7000 rpm hanya 9.39 Hp. Etanol menghasilkan torsi yang lebih besar dari bioetanol yaitu pada rpm 7000 torsi yang dihasilka sebesar 9.51 Nm. SFC bioetanol memiliki efisiensi sebesar 0.14 kg/hp.jam dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar etanol.

Downloads

Published

2021-12-12