PEMBUATAN SMART ABSORBER MEKANIK BEBAN MAKSIMUM 100KGF
Keywords:
shock absorber, peredam pintar, jarak lendutanAbstract
Dunia otomotif telah mengalami banyak perkembangan dalam beragam aspek, salah satunya adalah aspek kenyamanan. Kenyamanan kendaraan merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam kendaraan. Untuk mendukung kenyamanan tersebut telah dikembangkan suatu alat yang berfungsi untuk meredam getaran, alat tersebut dikenal dengan sebutan peredam kejut atau shock absorber. Tujuan digunakannya peredam kejut untuk memperhalus atau meredam getaran yang ditimbulkan dari getaran kinetik per daun maupun per koil / keong. Akan tetapi dalam kenyataannya tidak semua peredam kejut sesuai keinginan konsumen. Ketidaksesuaian ini diakibatkan karena tujuan penggunaan peredam kejut oleh konsumen berbeda antar satu dengan yang lain.
Untuk itu diperlukan modifikasi sistem pada peredam kejut pintar dengan adanya penambahan sub tank berisi oli yang dapat bersirkulasi dengan tabung utama ketika piston mengalami naik turun dengan pengontrolan kecepatan aliran oli melalui katub yang dapat menyesuaikan secara otomatis dengan jarak lendutan. Metode pengujiaannya yakni dengan statis sepeda motornya diam lalu diberi beban kejut dan diukur berapa jarak lendutannya. Dilanjutkan dengan variasi perbedaan kekentalan oli untuk mengetahui perbedaan kinerjanya. Hasil pengujian diharapkan dapat menciptakan peredam kejut yang dapat menghasilkan bantingan yang empuk pada medan berlubang dan dapat menghasilkan redaman yang kuat pada jalan mulus maupun bergelombang kecil alhasil nyaman digunakan di segala medan